11/19/16

Kategori, Komponen Dan Proses Produksi Multimedia [Rangkuman]

Kategori, Komponen Dan Proses Produksi Multimedia [Rangkuman]


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr.Wb

Pada kesempatakan kali ini saya akan menjelaskan rangkuman Kategori, Komponen Dan Proses Produksi Multimedia [Rangkuman]

Artikel ini merupakan salah satu mata kuliah "Multimedia" sengaja saya rangkum disini agar apa yang sudah saya pelajari bisa dipelajari juga oleh teman-teman semua.

Kategori Multimedia
Pada prinsipnya multimedia terbagi atas 3 kategori yaitu Linear, Interaktif dan Hypermedia. Meski sama-sama multimedia namun disiplin ilmu yang menaunginya sangat berbeda. Untuk Linear Multimedia lebih banyak unsur kreatif, seni, komunikasi visual dan sedikit pemrograman sehingga biasa dipelajari di jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual). Hyper Media hampir seluruhnya menggunakan teknologi dan logika dan dipelajari di jurusan Teknik Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak dan Jaringan Komputer. Keduanya (Linear & Hypermedia) bergabung dalam Interactive Multimedia yang porsi seni dan teknologi hampir berimbang.



Komponen Multimedia

Pembuatan multimedia melibatkan beberapa unsur / komponen seperti berikut. Jika ditambah komponen bahasa pemrograman / coding maka karya multimedia tersebut dinamakan Interactive Multimeda / Multimedia Interaktif

Baca juga : Pengertian Multimedia dan Contohnya [Lengkap]

Multimedia Linear

adalah karya visual bergerak yang berjalan secara berurutan (in sequence) seperti acara TV, film, animasi dan slide show. Disini pengguna hanya bisa menyaksikan adegan mulai awal / start sampai akhir / finish karya visual. Kontrol yang dimungkinkan hanyalah Play,Stop,Pause,Next & Previous Frame/scene saja.

Proses Pembuatan Film / Movie

Multimedia Linear ini merupakan salah satu bagian dari Proses yang lebih luas dari pembuatan sebuah Film / Iklan.

sumber : https://hendihen.wordpress.com/2013/05/17/multimedia-overview/

Sekian artikel terbaru Kategori, Komponen Dan Proses Produksi Multimedia [Rangkuman], semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk mem-bookmark situs ini, tunggu update artikel terbaru dari Luffy M.S terimakasih

Tinggal di Bogor, saat ini aktif sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di STMIK Banisaleh, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments