11/26/16

Cara Memperbaiki An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled

Cara Memperbaiki An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr.Wb

Pada kesempatakan kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Memperbaiki An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled

Masih membahas tentang masalah yang berkaitan dengan jaringan, khususnya tentang munculnya pesan An error occurred while internet connection was being enabled. Pesan tersebut biasanya muncul pada saat kita sedang menyalakan Internet Connection Sharing (fitur yang berguna untuk membagi koneksi internet ke jaringan lain).



Banyak orang yang mengalami masalah seperti ini dan kebanyakan orang melihat pesan tersebut karena service yang berkaitan dengan ICS dimatikan dan firewall yang sedang mati.

Jadi solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyalakan kembali service-service yang berkaitan dengan ICS dan menyalakan kembali firewall. Baik, langsung saja ikuti cara-cara berikut ini.

Memastikan service yang berkaitan dengan ICS sudah menyala


Agar bisa menggunakan internet connection sharing, kita harus memastikan service yang berkaitan dengan internet connection sharing sudah menyala. Jika service yang berkaitan dengan ICS malah mati, kita harus menyalakannya kembali, Caranya seperti ini :

Langkah 1
Buka run dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik msconfig dan klik OK.

Langkah 2
Pindah ke tab Service, dan pastikan nama-nama service di bawah ini sudah tercentang.
  • Application Layer Gateway Service
  • Network Connections
  • Network Location Awareness (NLA)
  • Plug and Play
  • Remote Access Auto Connection Manager
  • Remote Access Connection Manager
  • Remote Procedure Call (RPC)
  • Telephony



Langkah 3
Jika sudah tercentang, klik OK dan restart komputer anda.

Setelah komputer menyala, anda bisa langsung mencoba menyalakan internet connection sharing. Jika masih tidak bisa, anda boleh mencoba solusi yang berikut ini.

Membuat Windows Firewall menjadi automatic start


Pada dasarnya Firewall sudah diatur ke automatic start sejak pertama install Windows, namun bisa saja pilihan automatic start tersebut terganti secara tidak sengaja oleh software yang terpasang di komputer anda. Anda harus memastikan bahwa firewall sudah berjalan di komputer anda karena ICS memerlukan firewall agar bisa berjalan dengan normal, caranya seperti ini :

Langkah 1
Buka run dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik services.msc dan klik OK.

Langkah 2
Kemudian cari services yang bernama Windows Firewall. Jika sudah ketemu, klik kanan pada services tersebut dan pilih Properties.

Langkah 3
Ubah pada Startup type menjadi Automatic, dan klik OK.

Jika solusi di atas masih belum berhasil, anda masih bisa mencoba solusi lainnya, seperti menggunakan system restore terutama untuk yang sebelumnya bisa menyalakan ICS tetapi sekarang malah tidak bisa, atau bisa mendiskusikannya di kotak komentar di bawah artikel ini.

Sekian tutorial Cara Memperbaiki An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled, semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk mem-bookmark situs ini, tunggu update artikel terbaru dari Luffy M.S terimakasih

Tinggal di Bogor, saat ini aktif sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di STMIK Banisaleh, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments