11/16/16

Cara Install Cisco Packet Tracer 6.1.1 di Ubuntu 14.04 64bit

Cara Install Cisco Packet Tracer 6.1.1 di Ubuntu 14.04 64bit

Kita semua tahu perangkat jaringan product Cisco memiliki fitur dan keunggulan tertentu dibanding perangkat jaringan product lain, disisi keunggulannya tersebut perangkat jaringan product Cisco ini harganya terbilang cukup mahal akan tetapi itu semua sesuai dengan keunggulan dari perangkat itu sendiri, lalu bagaimana jika kita ingin belajar mengkonfigurasi perangkat jaringan product Cisco tapi nggak punya uang untuk nembelinya?

Ya, Packet Tracer solusinya, 

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Packet tracer merupakan aplikasi simulator tersebut tentunya dapat mempermudah kita dalam mempelajari konfigurasi perangkat-perangkat jaringan buatan Cisco seperti switch dan router. Namun, yang perlu dicatat ialah tidak semua fitur yang ada pada perangkat cisco sungguhan dapat kita jalankan di aplikasi Packet Tracer tersebut. Artinya, hanya beberapa fitur yang dapat kita jalankan di aplikasi tersebut.

Kegunaan


Kegunaan dari Packet Tracer ini biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.

Fungsi


Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seprti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

Sekarang cisco packet tracer sudah sampai ke versi 7

Bagaimana menginstall Packet Tracer 6.1.1 di Ubuntu?


Langkah pertama, silahkan download aplikasi Packet Tracer 6.1.1 melalui link ini.

Langkah kedua, saya asumsikan file Packet Tracer ada di folder Download. Buka terminal dan ekstrak file tersebut dengan perintah sebagai berikut:
cd Downloads
tar -xvf Cisco\ Packet\ Tracer\ 6.1.1\ for\ Linux\ -\ Ubuntu\ installation\ \(with\ tutorials\)\ -\ Student\ version.tar.gz 

Langkah ketiga,  jika anda menggunakan Ubuntu 64 bit, maka anda perlu menginstall dependency dengan mengeksekusi perintah berikut pada terminal:
sudo dpkg –add-architecture i386
sudo apt-get install libnss3-1d:i386 libqt4-qt3support:i386 libssl1.0.0:i386 libqtwebkit4:i386 libqt4-scripttools:i386

Langkah keempat, install Packet Tracer dengan mengeksekusi perintah berikut pada terminal:
cd PacketTracer611Student
./install

Selama proses instalasi anda akan diberi pertanyaan sebagai berikut:

Do you accept the terms of the EULA? [Baca dulu EULA-nya]
Not able to create and copy files to /opt/pt
Should we try to gain root access with sudo?
Should we create a symbolic link “packettracer” in /usr/local/bin for easy Cisco Packet Tracer startup?

Ketiga pertanyaan di atas cukup dijawab dengan menekan tombol Y.

Proses instalasi selesai. Sekarang anda dapat membuat simulasi jaringan komputer dengan Packet Tracer.

Cara membuka Packet Tracer


Untuk menggunakan Packet Tracer, cukup ketikkan perintah berikut di terminal
packettracer

Sekian tutorial Cara Install Cisco Packet Tracer 6.1.1 di Ubuntu 14.04 64bit, semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk mem-bookmark situs ini, tunggu update artikel terbaru dari Luffy M.S terimakasih

Tinggal di Bogor, saat ini aktif sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di STMIK Banisaleh, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments