9/17/16

Cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan zoho mail

Cara membuat email dengan domain sendiri #MariMenulis

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr.Wb

Pada kesempatakan kali ini saya akan menjelaskan Cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan zoho mail

Bagi teman-teman yang sudah memiliki website yang berkembang dan ingin tampil lebih profesional, email dengan domain sendiri sangat mutlak diperlukan. Katakanlah teman-teman memiliki sebuah komunitas dengan nama Komunitas BMX Indonesia dengan alamat bmxindonesia.com, kemudian teman-teman ingin merekrut anggota baru dengan diminta mengirimkan surat lamaran ke bagian perwakilan BMX Indonesia dimasing-masing kota/kabupatennya.

Jika teman-teman mencantumkan alamat email bmx korwil ( kordinator wilayah  ) adalah bekasi.bmxindonesia@gmail.com, kemungkikan citra komunitas teman-teman akan dilihat kecil dan tidak profesional. Namun jika alamat email bmx korwil komunitas teman-teman adalah bekasi@bmxindonesia.com, maka email tersebut menunjukkan bahwa komunitas teman-teman benar-benar profesional.

Itulah salah satu contoh keuntungan membuat email dengan domain sendiri. Email komunitas teman-teman bukan lagi berakhiran @yahoo.com, @gmail.com, atau @outlook.com. Namun sudah menjadi @namadomainsobat.com.


Cara membuat email dengan domain sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Tutorial berikut dapat dikerjakan dengan waktu kurang dari 30 menit. Sebenarnya untuk membuat email dengan domain sendiri, teman-teman harus memiliki web server dan aplikasi email server dan client sendiri. Contoh email server yang sedang populer adalah Microsoft Exchange, Zimbra dsb. Email server tersebut terkenal tangguh namun memiliki harga yang lumayan mahal. Itulah mengapa email server yang sudah disebutkan tadi biasanya digunakan untuk pabrik dan perbankan. Jika teman-teman ingin membuat email dengan domain sendiri secara gratis namun memiliki fitur tidak kalah dengan email server diatas, berikut adalah caranya.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri. Pertama, kunjungi alamat www.zohomail.com

Cara membuat email dengan domain sendiri, yang pertama dilakukan adalah dengan mengunjungi situs www.zohomail.com  Zoho merupakan salah satu penyedia layanan email dengan domain sendiri yang masih memberikannya secara gratis. Sebenarnya dahulu ada penyedia lainnya seperti google apps, windows live, dan beberapa lainnya. Namun sampai saat ini, hanya Zoho yang masih memberikan layanan email dengan domain sendiri secara gratis.

Langkah #1
Jika anda telah mengunjungi alamat situs, maka akan tampil halaman seperti pada gambar di atas. Klik tombol merah “CONTINUE” untuk melanjutkan pendaftaran.

Langkah #2
Zoho memiliki jenis layanan email dengan domain sendiri. Mulai dari yang free atau gratis hingga premium. Untuk layanan free, anda akan mendapatkan kuota email 5 GB/User dengan jumlah maksimum user sebanyak 25. Sangat cukup bagi teman-teman yang sedang berkembang atau memang memiliki sedikit anggota profesional.

Untuk melanjutkan cara membuat email dengan domain sendiri, pilih “SELECT FREE PLAN” seperti pada gambar di atas untuk opsi gratis.
Langkah #3
Teman-teman wajib memiliki domain sendiri agar cara membuat email dengan domain sendiri ini berjalan lancar. Jika teman-teman belum memiliki domain atau alamat website, teman-teman dapat membelinya terlebih dahulu. Jika teman-teman sudah memiliki alamat website (domain), masukkan alamat domain teman-teman dan klik tombol “Add Domain”. seperti tampak pada gambar di bawah ini.


Setelah teman-teman menginput domain yang akan digunakan untuk alamat email dan telah memverifikasinya, kemudian masukkan informasi dasar akun primer yang akan digunakan. Masukkan data – data berikut :
  • nama depan dan belakang,
  • email address yang akan digunakan email utama atau email admin nantinya
  • password
  • dan kontak email. (kontak email ini digunakan untuk reset password email admin)
  • Klik tombol “Sign Up”.

Dengan menekan tombol “Sign Up”, teman-teman setuju dengan kebijakan dan privasi terkait penggunaan layanan Zoho mail. Data di atas merupakan data standar dalam cara membuat email dengan domain sendiri pada umumnya. Informasi lebih jelas, dapat dilihat pada gambar di atas.

Langkah #4
Lakukan Verifikasi, kode verifikasi dikirim melalui SMS ke nomor yang telah diimputkan dilangkah #3
Langkah #5
Setelah berhasil tidak ada kesalahan dalam penginputan data dan verifikasi, maka akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini,
Untuk melajutkan proses pembuatan email dengan domain sendiri menggunakan Zoho, klik tulisan “Setup [alamat website] in Zoho” seperti pada gambar di atas.

Dari informasi data, teman-teman akan mendapatkan jumlah user sebanyak 25 akun dengan kouta 5 GB per akun. Sangat cukup bagi teman-teman yang memiliki anggota tim dengan jumlah sampai dengan 25 orang.

Langkah #6
Verifikasi kepemilikan domain.

Salah satu tahapan dalam cara membuat email dengan domain sendiri adalah verifikasi alamat domain. Hal ini dimaksud untuk membuktikan bahwa teman-teman benar-benar pemilik domain tersebut. Cara verifikasinya sendiri tergantung dari DNS yang teman-teman gunakan. Namun pada intinya, teman-teman diminta memasukkan data CNAME ke dalam DNS teman-teman.


contohnya adalah sebagai berikut :

Jika teman-teman menggunakan rumahweb sebagai penyedia domain teman-teman, untuk menambah data CNAME ada pada menu “DNS Management”. Klik tombol yang dimaksud seperti terlihat pada gambar di atas. kemudian akan tampil halaman berikut :
Masukkan data yang sesuai dengan informasi pada halaman verifikasi Zoho sebelumnya kemudian Klik tombol “Add New Record” seperti gambar di atas.

Kemudian masukkan data CNAME yang diberikan oleh Zoho ke dalam DNS dan klik tombol “Add Record” seperti pada gambar di atas. Setelah langkah ini selesai, kembali ke halaman Verifikasi domain di Zoho dan klik tombol “Verify By CNAME”.



Langkah #7
Menambah user pertama.

Salah satu langkah penting dalam cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan Zoho ini adalah menambah user pertama. User inilah nanti yang akan menjaid super admin yang dapat digunakan untuk menambah user – user lainnya dengan alamat email yang berbeda dalam domain sendiri. Tentunya hal ini dapat dilakukan setelah proses Verifikasi domain berhasi dilakukan. 

Tampak seperti gambar di atas dengan ditandai centang warna hijau pada setiap proses yang ada. Masukkan alamat email admin dan kliik tombol “Create Account” seperti gambar di atas. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Teman-teman dapat menekan tombol “Skip” untuk melewati proses pembuatan akun lainnya dan menyelesaikan pembuatan email dengan domain sendiri ini.

Pada tahapan pembuatan grup, teman-teman dapat melewatinya dengan menekan tombol “Skip” seperti pada gambar di atas. Grup dapat dibuat nanti ketika telah selesai. Dengan menekan tombol skip, cara membuat email dengan domain sendiri yang sedang kita kerjakan dapat terus dilanjutkan hingga selesai

Langkah #8
konfigurasi email delivery

Cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan Zoho pada tahap kedelapan ini adalah konfigurasi email delivery. Konfigurasi ini dimaksud agar kita dapat menerima email lain ke dalam inbox. Jika ini tidak dikonfigurasi, email dengan domain sendiri yang kita miliki hanya dapat mengirim email saja dan tidak dapat menerima email dari manapun. Untuk konfigurasi sendiri disesuaikan dengan DNS yang anda gunakan. Caranya hampir sama dengan tahap Verifikasi domain sebelumnya. Namun pada tahapan ini, yang diinput ke dalam DNS adalah MX Record.

Dari gambar diatas, kita diminta untuk menginput data MX record ke dalam DNS kita. Berikut adalah contohnya :

Masukkan data – data yang sesuai dengan yang ada pada halaman setup Zoho. Kemudian Klik tomboh “Add New record”. Lakukan langkah ini 2 kali dengan data kedua



Jika anda menggunakan layanan rumahweb, caranya dapat dilihat seperti gambar diatas, dan berikut hasilnya :
Langkah #9
Masukkan konfigurasi lainnya jika perlu, pada tahap ini, teman-teman akan diminta untuk melakukan konfigurasi terkait email migration, Mail Client Configuration, dan mobile access. Tiga tahapan ini dapat anda lewati sementara untuk dikonfigurasi lain waktu.

Halaman email migration. Klik tombol “Skip” untuk melanjutkan

Halaman Mail Client Configuration, digunakan jika teman-teman nanti akan mengakses email menggunakan email client desktop seperti Outlook, Thunderbirds, dan sebagainya. Klik tombol “Next” untuk melanjutkan

Halaman konfigurasi Mobile Access. Halaman ini digunakan untuk memandu teman-teman mengkonfigurasi sistem agar email dapat diakses menggunakan smartphone atau tablet. Klik tombol “skip” untuk melanjutkan.

Selesai. Itulah cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan Zoho. Anda dapat langsung menggunakan layanan tersebut dengan menekan tombol “Process to Access ZohoMail” seperti gambar dibawah ini. 

Berikut adalah tampilan inbox dari Zoho Mail

Melalui halaman inbox ini, teman-teman dapat mengirim dan menerima pesan, dan berbagai aktivitas lainya dalam hal email. Layanan Zoho mail ini belum terintegrasi dengan fasilitas chatting seperti yang ada pada email modern lain misalnya gmail, yahoo mail, atau outlook. Karena Zoho mail benar – benar difungsikan sebagai email Server.

Tutorial Tambahan

Berikut adalah tampilan Control Panel Zoho Mail.

Test Email
Disini saya akan melakukan test email, email yang saya kirimkan dari google mail ( GMAIL ) ke Email Zoho ini,

Terilihat dibawah ini bahwa email dari GMAIL telah masuk ke email Zoho, itu artinya mail servel Zoho ini sudah bisa terhubung ke layanan email server lainya ;)


Kurang lebih itulah cara membuat email dengan domain sendiri yang paling mudah dan gratis yang dapat dilakukan sekarang. Jika masih belum lengkap, atau belum jelas mari kita diskusikan dikolom komentar, semoga informasi diatas bermanfaat

Tinggal di Bogor, saat ini aktif sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di STMIK Banisaleh, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments